Cari di dalam Situs ini

Loading...

RUDOLF LUDWIG KARL VIRCHOW: Saintis Medis Penemu Terminologi Kedokteran Sosial

Advertisement
Saintis Medis Multiperan, Penemu Terminologi Kedokteran Sosial

Rudolf Ludwig Karl Virchow lahir di Schivelbein, Pomerania, 13 Oktober 1821. Ia adalah seorang dokter, ahli patologis, sejarawan, ahli biologi, dan politikus Jerman.
Virchow dikenal luas di kalangan ilmuwan karena berbagai penemuan dan teori-teorinya . Ia adalah orang pertama yang mengenal leukemia dan amat dikenal dengan hukumnya: Omnis cellula e cellula ("setiap sel berasal dari sel lainnya") yang ia kemukakan pada 1855. Hukum ini berdasarkan penemuannya bahwa ketika sakit, bukan seluruh organisme yang mengalami kerusakan melainkan kelompok sel tertentu yang dalam keadaan tidak sehat.



Latar Belakang Pendidikan
Pada tahun 1839 Virchow mulai studi kedokteran di Friedrich Wilhelm Institute dari University of Berlin dan lulus sebagai dokter medis pada tahun 1843. Sebagai dokter magang di Rumah Sakit Charite, ia belajar histologi patologis dan pada tahun 1845 menerbitkan sebuah makalah di mana ia menjelakan salah satu kasus leukemia. Tulisan ini menjadi klasik dan digunakan sebagai banyak dasar ilmu kedokteran.

Virchow diangkat sebagai prosector di Charite, dan pada tahun 1847 ia mulai, dengan temannya Benno Reinhardt, membidani lahirnya sebuah terbitan jurnal ilmiah baru, Archiv für pathologische Anatomie und Physiologie, und für klinische Medizin ("Arsip Anatomi Patologi dan Fisiologi, serta Pengobatan Klinis").

Meskipun pada tahun 1852, Reindhart meninggal,  Virchow tetap meneruskan penerbitan jurnal ilmiah tersebut dengan dirinya sebagai editor tunggal. Sekarang terbitan jurnal itu dikenal sebagai Virchows Archiv.

Karir dan Karya Virchow
Awal tahun 1848 Virchow ditunjuk oleh pemerintah Prusia untuk menyelidiki wabah demam tifus di Upper Silesia. Di luar dugaan pemerintah, Virchow justru menyimpulkan bahwa penyakit itu mewabah karena kondisi sosial masyarakat di sana yang buruk akibat kebijakan pemerintah. Tentu saja pemerintah kesal dengan pernyataan Virchow tersebut. Akibatnya  Rudolf Virchow, yang juga menyerukan reformasi medis seperti penghapusan system kelas-kelas dokter dan ahli bedah,  harus berurusan dengan pemerintah. Pandangan liberalnya membuat berang pemerintah, dan pada tanggal 31 Maret 1849, pemerintah menangguhkan jabatannya di Charite, bahkan dua minggu kemudian ia kehilangan beberapa hak istimewa tertentu.

Pada tahun 1849 Virchow diundang ke kampus untuk berpartisipasi dalam pendirian dan pengajaran dalam fakultas Anatomi patologi di Universitas Würzburg. Selama tujuh tahun berkiprah di fakultas tersebut, jumlah mahasiswa kedokteran di universitas tersebut meningkat dari 98 menjadi 388 orang. Banyak orang yang kemudian mencapai ketenaran di bidang medis setelah lulus kuliah di sana darinya.

Keluarga dan Anak-anaknya

Pada tahun 1850 Virchow menikahi Ferdinande Rosalie Mayer. Mereka memiliki tiga putra dan tiga putri, yaitu :

1.       Karl Virchow ( 1 Agustus 1851 - 21 September 1912) - seorang ahli kimia
2.       Hans Virchow ( 10 September 1852 - 7 April 1940 ) - seorang ahli anatomi terkemuka
3.   Adele Virchow ( 1 Oktober 1855 - 18 Mei 1955 ) - istri Rudolf Henning , seorang profesor terkemuka Jerman
4.       Ernst Virchow ( 24 Januari 1858 - 5 April 1942 )
5.       Marie Virchow ( 29 Juni 1866 - 23 Oktober 1951 ) - istri Carl Rabl , seorang ahli anatomi Austria yang terkenal
6.       Hanna Elisabeth Maria Virchow ( 10 Mei 1873 - 28 November 1963 )
Di Würzburg Virchow menerbitkan banyak makalah tentang anatomi patologis. Dia mempublikasikan karyanya dalam bentuk enam jilid , yaitu Der Handbuch speziellen Pathologie und Therapie ("Handbook of Special Pathlogy and Therapeutics"), sebagian besar volume pertama ia tulis sendiri. Di Würzburg pula ia mulai merumuskan teori-teorinya tentang patologi seluler dan mulai bekerja di bidang antropologi dengan studi tentang tengkorak Kretin (kerdil, orang cacat mental). Virchow juga melakukan investigasi ke dalam pengembangan dasar-dasar anatomi tengkorak.
Pada tahun 1856 sebuah jurusan Anatomi patologi didirikan untuk Virchow di Universitas Berlin; ia menerima panggilan untuk memberikan sumbangsih pikiran dalam pertimbangan tertentu, salah satunya adalah pendirian sebuah lembaga patologis baru, yang kelak akan ia gunakan hingga sisa hidupnya.
Virchow menguraikan mekanisme dari tromboembolis pada paru-paru. Menurutnya, bekuan darah dalam arteri pulmonaris berasal dari trombi pada pembuluh vena. Virchow jugalah yang membangun berbagai disiplin ilmu dalam kedokteran yaitu patologi seluler, patologi perbandingan, dan antropologi.
Pada 1869, ia mendirikan perhimpunan bagi ahli antropologi, etnologi dan sejarahwan prasejarah yang dikenal dengan nama Gesellschaft für Anthropologie, Ethnologie und Urgeschichte. Pada 1892 ia dianugerahi medali Copley. Rudolf Virchow juga merupakan penulis yang memublikasikan banyak karya,  diantaranya:
He was a very prolific writer. Some of his works are:
  • Mittheilungen über die in Oberschlesien herrschende Typhus-Epidemie (1848)
  • Vorlesungen über Cellularpathologie in ihrer Begründung auf physiologischer und pathologischer Gewebelehre, his chief work (1859): The fourth edition of this work formed the first volume of Vorlesungen über Pathologie below.
  • Die Cellularpathologie in ihrer Begründung auf physiologische und pathologische Gewebelehre. (1858; English translation, 1860)
  • Handbuch der speciellen Pathologie und Therapie, prepared in collaboration with others (1854–76)
  • Vorlesungen über Pathologie (1862–72)
  • Die krankhaften Geschwülste (1863–67)
  • Ueber den Hungertyphus (1868)
  • Ueber einige Merkmale niederer Menschenrassen am Schädel (1875)
  • Beiträge zur physischen Anthropologie der Deutschen (1876)
  • Die Freiheit der Wissenschaft im Modernen Staat (1877)
  • Gesammelte Abhandlungen aus dem Gebiete der offentlichen Medizin und der Seuchenlehre (1879)
  • Gegen den Antisemitismus (1880)
Ia juga mengembangkan metode standar untuk melakukan otopsi. Metode yang dinamakan sesuai namanya ini, kini masih digunakan.
Karier Politik
Tak hanya di bidang medis, selama berada di Berlin Virchow juga aktif terlibat dalam politik. Pada tahun 1859 ia terpilih menjadi anggota Dewan Kota Berlin (anggota dari dewan kota Berlin, parlemen Prussia sejak 1861, Reichstag Jerman 1880-1893). Tujuannya bergabung di dunia yang penuh intrik itu adalah untuk memfokuskan perhatiannya pada masalah kesehatan masyarakat, seperti pembuangan limbah, desain rumah sakit, pemeriksaan daging, dan kebersihan sekolah. Dia mengawasi desain dua rumah sakit besar baru di berlin, Friedrichshain dan Moabit, membuka sekolah perawat di Rumah Sakit Friedrichshain, dan merancang sistem baru saluran pembuangan Berlin.
Virchow juga bekerja sebagai politikus (anggota dari dewan kota Berlin, parlemen Prussia sejak 1861, Reichstag Jerman 1880-1893) dengan tujuan meningkatkan kepedulian kesehatan masyarakat Berlin. Ia banyak berperan dalam pembangunan sistem air dan gorong-gorong modern. Ia pun menemukan "kedokteran sosial" yang menyatakan bahwa sebuah penyakit tidak murni adalah masalah biologis, namun juga berasal dari problema sosial.
Sebagai salah satu pendiri dan anggota dari sebuah partai liberal (Deutschen Fortschrittspartei), ia adalah salah satu politikus penting yang berlawanan dengan Bismarck. Namun ia pernah bekerja sama bersama Bismarck pada Kulturkampf, sebuah kegiatan kampanye melawan gereja Katolik.
Virchow juga terkenal sebagai pendiri Fortschrittspartei (Partai Progresif) yang berseberangan dengan  Otto von Bismarck, yang pada tahun 1865 menantang Virchow untuk duel, tetapi dengan  bijaksana Virchow  menolaknya. Dalam perang tahun 1866 dan 1870 Virchow membatasi kegiatan politiknya untuk merancang pendirian rumah sakit militer dan memperlengkapi ide pembuatan kereta rumah sakit. Dalam Perang Perancis-Jerman ia secara pribadi memimpin kereta rumah sakit pertama di garis depan.



Penghargaan
Melihat kerja kerasnya dalam penelitian bidang medis dan anatomi patologi, tak mengherankan apabila Rudolf Virchow memiliki banyak penghargaan, antara lain:
• Pada Bulan Juni 1859, Virchow terpilih menjadi bagian dari  Berlin Chamber of Representatives.
• Pada tahun 1860, ia terpilih menjadi anggota resmi dari Königliche Wissenschaftliche für das Medizinalwesen (Badan Ilmiah Kerajaan untuk Urusan Medis).
• Pada tahun 1861, ia terpilih sebagai anggota asing dari Royal Swedish Academy of Sciences.
• Pada bulan Maret tahun 1862, ia terpilih menjadi anggota Perwakilan Rakyat Prussia.
• Pada tahun 1873, ia terpilih menjadi anggota Prussian Academy of Sciences. Dia menolak untuk diberi gelar "von Virchow," tetapi ia tetap ditunjuk sebagai Geheimrat ("dewan sanitasi") pada tahun 1894.
• Pada tahun 1880, ia terpilih sebagai anggota Reichstag dari Kekaisaran Jerman.
• Pada tahun 1881, didirikan yayasan Rudolf Virchow untuk memeringati ulang tahunnya ke -60.
• Pada tahun 1892, ia diangkat sebagai Rektor Universitas Berlin.
• Pada tahun 1892, ia dianugerahi British Royal Society Copley Medal.
Pada tahun 2002 didirikan The Rudolf Virchow Center, sebuah pusat penelitian biomedis di Universitas Würzburg.
Rudolf Virchow Award diberikan oleh Masyarakat  Antropologi Medis untuk prestasi penelitian dalam antropologi medis.

Rudolf Virchow College,sebuah  kuliah umum tahunan, yang diselenggarakan oleh Romisch-Germanisches Zentralmuseum Mainz, bagi para ilmuwan terkemuka di bidang arkeologi paleolitikum.
Campus Virchow Klinikum adalah nama untuk kampus rumah sakit di Charite.
• Langenbeck-Virchow-Haus dibangun pada tahun 1915 di Berlin, bersama-sama menghormati Virchow dan Bernhard von Langenbeck. Awalnya pusat medis, bangunan ini sekarang digunakan sebagai pusat konferensi Bedah Asosiasi Jerman (Deutsche Gesellschaft für Chirurgie) dan Medical Association Berlin (BMG-Berliner Medizinische Gesellschaft).

Istilah-istilah medis yang menggunakan nama Virchow

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, nama Rudolf Virchow banyak digunakan sebagai istilah dalam dunia medis untuk menghormati penemuan-penemuannya, seperti berikut:
  • Virchow's angle, sudut antara garis nasobasilar dan garis nasosubnasal
  • Virchow's cell, sebuah sel makrofaga dalam Hansen's disease
  • Virchow's cell theory, omnis cellula e cellulasetiap sel hidup berasal dari sel hidup yang lain
  • Virchow's disease, leontiasis ossea, saat ini lebih dianggap sebagai gejala daripada penyakit itu sendiri.
  • Virchow's gland, nodus Virchow
  • Virchow's Law, during craniosynostosis, skull growth is restricted to a plane perpendicular to the affected, prematurely fused suture and is enhanced in a plane parallel to it.
  • Virchow's line, sebuah garis dari akar hidung menuju lambda
  • Virchow's method of autopsy, metode  ototpsi dimana organ dikeluarkan satu demi satu .
Akhir Hayat
Menjelang akhir hayatnya, Virchow mengalami kecelakaan tulang paha, yaitu ketika ia melompat dari trem yang sedang berjalan saat akan keluar dari trem listrik itu pada 4 Januari 1902. Meskipun telah diupayakan pemulihan atas kondisinya, tetapi tulang paha yang cedera itu tak kunjung sembuh, bahkan mengurangi aktivitas fisiknya. Kesehatannya berangsur-angsur memburuk setelah delapan bulan berjalan.  Dan pada 5 September 1902 , di Berlin, Rudolf Virchow mengalami gagal jantung dan meninggal dunia. Ia dimakamkan di  Alter St - Matthäus – Kirchhof. Sebuah makam yang digunakannya bersama istri, Rose.
Advertisement
RUDOLF LUDWIG KARL VIRCHOW: Saintis Medis Penemu Terminologi Kedokteran Sosial | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita