Cari di dalam Situs ini

Loading...

Siklus Biogeokimia di Alam

Advertisement

Gb 1. salah satu sklus Biogeokimia di alam

Ekosistem merupakan level yang paling komplek dari suatu organisasi kehidupan. Suatu sistem yang di dalamnya terdapat transfer energi yang teratur, siklus nutrien yang terkendali (Raven, 1986:1109). Menurut Campbell et al. (2002:395), ekosistem dalam menerima masukan energi cahaya matahari pada prinsipnya tidak terbatas, namun unsur kimia hanya tersedia dalam jumlah yang terbatas. Misalnya dari meteorit yang menubruk bumi yang dijadikan sebagai sumber materi yang berasal dari luar bumi. Maka kehidupan di bumi memanfaatkan unsur-unsur kimia dalam bentuk siklus yaitu unsur-unsur yang esensial.
Suatu organisme yang masih hidup memiliki persediaan zat kimia yang akan berputar terus menerus melalui penyerapan nutrien dan pelepasan zat dari hasil buangan. Ketika suatu organisme mati, senyawa-senyawa yang terdapat dalam molekul kompleks organisme tersebut akan dirombak menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana kemudian dikembalikan ke atmosfer, air, atau tanah melalui penguraian oleh bakteri dan fungi. Penguraian ini melengkapi kumpulan nutrien anorganik yang digunakan oleh tumbuhan dan organisme autotrof lainnya untuk membentuk suatu bahan organik baru. Karena perputaran nutrien melibatkan komponen biotik dan abiotik suatu ekosistem, perputaran itu juga disebut siklus biogeokimia (biogeochemical cycle) (Campbell et al., 2002:395). Raven (1986: 1111) menambahkan bahwa siklus biogeokimia merupakan siklus geologi yang mengontrol siklus bahan kimia. Semua substansi yang terdapat pada organisme yaitu air, karbon, nitrogen dan oksigen serta yang lainnya berasal dari pelapukan bebatuan dalam siklus ekosistem atau geologi.
Menurut Resosoedarmo (1989:17) menyatakan bahwa di alam telah diketahui kira-kira 100 unsur kimia, namun hanya sekitar 30-40 unsur yang esensial diperlukan oleh makhluk hidup. Beberapa unsur tersebut antara lain, karbon, nitrogen, hidrogen (air), dan oksigen. Unsur lainnya hanya diperlukan dalam jumlah kecil. Semua unsur kimia mengalami sirkulasi atau siklus dari lingkungan organisme ke lingkungan biosfer berdasarkan karakteristik tertentu.


Sumber:

Campbell, N.A. & Reece.(2002). Biology, 5th Edition. San Fransisco: Pearson International
Raven & Johnson. (1986). Biology. Fourth Edition. New York: WBC/McGraw-Hill Companies, Inc.

Advertisement
Siklus Biogeokimia di Alam | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita