Cari di dalam Situs ini

Loading...

Acroyoga, Olahraga ‘Ekstrim’ yang Mulai Digemari

Advertisement

(Sumber: 365daysofappreciation.com)[/caption]

Beberapa waktu terakhir muncul berbagai warta soal beberapa artis papan atas yang mulai menggandrungi acroyaga atau acroyoga. Jenis olahraga ‘baru’ yang ternyata menjadi salah satu bagian dari olahraga yoga yang lebih dulu dikenal publik.

Acroyaga konon berasal dari kata ‘acrobatic’ dan ‘yoga’. Dari namanya saja, kita bisa paham jika olahraga unik ini merupakan perpaduan antara seni akrobatik dan olahraga yogya. Akroyaga untuk pertama kalinya ditemukan pada 1980-an, ditemukan di Montreal, Kanada.  Meski demikian, ternyata acroyaga lebih popular di India.

Sepintas, gerakan acroyaga memang terlihat super ekstrem. Betapa tidak, ada beberapa posisi yang mengharuskan pelaku untuk berbaring di atas tangan dan kaki pasangannya yang telah diangkat. Oleh karena itu, dibutuhkan pelatihan dan ketarampilan khusus untuk dapat mempraktikan olahraga yang juga menjadi salah satu teknik meditasi ini.

Pada umumnya latihan acroyaga dilaksanakan selama setengah jam, terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, latihan yoga di empat puluh menit pertama. Sesi ini diperlukan untuk mengaktifkan otot tangan, perut, dan kaki. Selanjutnya, tubuh akan siap untuk diajak ‘acro’ yang memang membutuhkan tenaga dan keterampilan khusus. Keterampilan yang dimaksud sebagai berikut.
  1. Gerakan seakan-akan melayang diatas udara seperti burung dengan meluruskan tubuh di atas telapak kaki pasangan (birdy). Dalam gerakan ini,  kedua tangan masih bertumpu pada pasangan.

  2. Gerakan menyerupai gerakan pertama, namun kedua tangan lurus dan tidak boleh bertumpu pada pasangan (Free bird).

  3.  Gerakan di mana pelaku harus bisa menjaga keseimbangan. Pasalnya, dalam gerakan yang disebut boat pose ini, hanya perut saja yang bertumpu pada kaki pasangan. Gaya ini sangat membutuhkan kelenturan tangan dan kaki.

  4. Gerakan dengan berbaring menghadap ke atap. Dalam gerakan yang disebut flying camel ini tubuh membentuk lengkungan seperti punuk unta dan kedua kaki lurus ke bawah dipegang oleh pasangan. Sementara itu, posisi telapak kaki pasangan tepat di bawah punggung Anda.
Advertisement
Acroyoga, Olahraga ‘Ekstrim’ yang Mulai Digemari | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita