Cari di dalam Situs ini

Loading...

Morfologi Kelelawar

Advertisement

Kelelawar sayapnya hitam…
Terbang rendah di tengah malam…
Pagi-pagi mereka pulang…
Dibawah dahan bergelantungan…
Hitam…hitam…hitam..

(KOES PLUS)

 

kelelawar vampire

 

Sebagai salah satu anggota kelas mamalia, kelelawar masuk dalam ordo chiroptera. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keanekaragaman spesies kelelawar yang cukup tinggi. Jumlah spesies keleawar di Indonesia diperkirakan mencapai 230 spesies atau 21% dari spesies kelelawar di dunia, yang sudah diketahui terdiri dari 77 spesies anggota subordo Megachiroptera (family pteropididae) dan 153 spesies anggota subordo Microchiroptera. Sekitar 20% Megachiroptera dan lebih dari 50% Microchiroptera memiliki tempat bertengger di gua.

 

Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) dengan luas kurang lebih 43.420 merupakan salah satu kawasan konservasi yang di dominasi oleh bentuk lahan Karst. Bentuk lahan Karst di TNAP dicirikan oleh keberadaan gua Karst, ornament gua, telaga Karst dan sungai bawah tanah. Tidak mengeherankan apabila dominasi bentuk lahan Karst ini membuat gua-gua yang tersebar di kawasan TNAP banyak di huni oleh beragam jenis-jenis kelelawar.

 

Morfologi Kelelawar

 

image

 

Struktur fungsi morfologi kelelawar
a. HB (Head & Body) : panjang total tubuh kelelawar dari mulai kepala sampai dengan pangkal ekor.
b. T (tail) : panjang ekor mulai dari pangkal ekor sampai ujung ekor
c. HF (Hindfoot) : diukur dari tumit sampai ujung jari terpanjang tanpa cakar
d. E (Ear) : dikur dari pangkal sampai dengan ujung telinga terjauh
e. FA (Forearm) : diukur dari sisi luar siku sampai dengan sisi luar pergelangan sayap yang melengkung.
f. Tb (Tibia) : diukur mulai dari lutut sampai lengan pergelangan kaki

g.Sayap yang dinamakan patagium, pada kelelawar betina patagium berfungsi untuk memegang anaknya yang baru dilahirkan dengan kepala ke bawah. Selain untuk terbang sayap kelelawar berfungsi untuk menyelimuti tubuhnya ketika cuaca dingin dan mengipaskan sayapnya ketika cuaca panas. Sayap kelelawar dibentuk oleh perpanjangan jari kedua sampai jari kelima.

 

image

Gambar: Anatomi sayap (patagium) kelelawar

 

h. Wajah buruk kelelawar yang berupa kerutan dan keriput di dekat hidung membawa berkah sebab dengan karakteristik wajah seperti itulah kelelawar bisa memusatkan sinyal ultrasonic yang digunakannya untuk menentukan posisi benda-benda disekitarnya.

Advertisement
Morfologi Kelelawar | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita