Cari di dalam Situs ini

Loading...

Adolf Mayer, Kimiawan Pertanian Penemu Virus Mosaik Tembakau

Advertisement

Awal Kehidupan

Adolf Mayer adalah seorang kimiawan pertanian Jerman yang bekerja pada penyakit mosaik tembakau memainkan peran penting dalam penemuan virus mosaik tembakau dan virus pada umumnya .

adolf mayer mozaic tembakau

Adolf Mayer dilahirkan pada tahun 1843 di keluarga seorang guru SMA di Oldenburg . Ibunya adalah seorang putri kimiawan Jerman yang terkenal Leopold Gmelin. Ia belajar matematika dan kimia di Karlsruhe Institute of Technology dari tahun 1860-1862. Pada tahun 1862 ia terdaftar di Universitas Heidelberg , di mana pada tahun 1864 ia memperoleh gelar Ph.D. dalam kimia , fisika dan matematika dengan predikat summa cum laude (sangat memuaskan) .

Pada tahun 1879, ketika Mayer menjabat sebagai direktur Stasiun Percobaan Pertanian di Wageningen di Belanda, ia diminta oleh petani Belanda untuk mempelajari penyakit aneh yang mempengaruhi tanaman tembakau . Mayer menerbitkan sebuah makalah pada tahun 1886 pada penyakit yang ia beri nama sebagai " penyakit mosaik tembakau dan menggambarkan gejala secara rinci tentang penyakit yang merugikan petan tersebut. Ia menunjukkan bahwa penyakit ini dapat ditularkan oleh getah dari tanaman tembakau yang terinfeksi, sebagai inokulum untuk menginfeksi tanaman sehat .

Pada saat itu , penyakit ini dianggap disebarkan oleh bakteri yang sangat kecil atau racun, tetapi beberapa tahun kemudian virus mosaik tembakau ( TMV ) terbukti menjadi pelakunya . Mayer digunakan mikroskop optik untuk mencari tanda-tanda jamur atau bakteri di getah terinfeksi. Hasilnya ia tidak menemukan apapun, karena TMV terlalu kecil untuk dideteksi dalam mikroskop optik . Mayer masih menyimpulkan bahwa agen infeksi semacam bakteri.

Ia melakukan kesalahan dengan mengklaim bahwa ia mampu mendapatkan " filtrat" dari getah yang terinfeksi menggunakan kertas saring pada beberapa pengulangan penyaringan. Meski demikian, langkah Adolf Mayer ini akan menjadi dasar bagi penelitian berikutnya, yang disempurnakan oleh Dmitry Ivanovsky pada tahun 1892 dan Martinus Beijerinck pada tahun 1898.

Percobaan serupa yang dilakukan Ivanovsky dan Beijerinck menunjukkan bahwa agen infeksi penyakit mosaik tembakau ternyata infilterable (tidak dapat disaring dengan penyaring bakteri). Martinus Beijerinck lah yang pertama kali menciptakan istilah dari " virus " untuk menunjukkan sifat non - bakteri penyakit mosaik tembakau . Pada tahun 1935 , virus mosaik tembakau adalah virus pertama yang mengkristal .

Terlepas dari kesimpulan yang salah , Mayer pelopor bekerja pada penyakit mosaik tembakau menjabat sebagai langkah penting dalam penemuan virus dan memberi

Advertisement
Adolf Mayer, Kimiawan Pertanian Penemu Virus Mosaik Tembakau | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita