Cari di dalam Situs ini

Loading...

Faktor faktor yang Mempengaruhi Pola Pembelahan Sel

Advertisement


 
pola perkembangan embrio

Faktor-faktor yang mempengaruhi pola pembelahan sel diantaranya:
1.   Jumlah dan distribusi yolk, yolk akan mempengaruhi polaritas pada zigot yang mengakibatkan pembelahan menjadi tidak sempurna. Sel telur yang mengandung kuning telur yang banyak dan persebarannya tidak merata akan menyebabkan terhalangnya pembelahan sel. Contohnya pada sel telur burung yang memiliki kuning telur yang berlimpah, maka pembelahan selnya hanya terjadi pada satu kutub yaitu animal pole, akibatnya blastomere yang dihasilkan ukurannya tidak seragam dan akan berdampak pada letak blastocoels dari spesies hewan tersebut.
2.         Adanya sitoplasma (ribosom dan sentriol), yang sangat berpengaruh terhadap pembelahan sel. Pada beberapa zigot hewan-hewan multiseluler sitoplasma juga terdapat pada satu kutub zigot (animal pole), sehingga pembelahan sel pada kutub ini berjalan lebih cepat jika dibandingkan dengan kutub yang lain (vegetal pole).

Variasi Pola Pembelahan
Detail pembelahan bervariasi antara spesies. Perbedaan dimulai dengan pembagian pertama yang menentukan apakah dua sel hasil pembelahan pertama akan merata atau tidak dalam ukuran dan jenis bagian sitoplasma sel yang akan diterimanya. 
Terdapat dua kerabat hewan utama yaitu protostoma dan deuterostoma, keduanya berbeda dalam pola pembelahan. Kebanyakan invertebrate bilateral ialah protostoma yang mengalami pembelahan spiral. Echinodermata dan semua vertebrata adalah termasuk deuterostoma dan mengalami pembelahan radial. 
Mamalia memiliki pola pembelahan yang berbeda yang disebut pembelahan rotasional. Pembelahan pertama membagi zigot sepanjang garis yang terbentang dari atas ke bawah, kemudian satu sel membelah dengan cara yang sama dan sel yang lain membelah menjadi setengah di ekuator sel.
Advertisement
Faktor faktor yang Mempengaruhi Pola Pembelahan Sel | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita