Cari di dalam Situs ini

Loading...

Waspadai Gejala Penyakit Lupus bagi Kaum Wanita

Advertisement



Penyakit Lupus merupakan penyakit kelainan pada kulit, dimana disekitar pipi dan hidung akan terlihat kemerah-merahan. Panas dan rasa lelah berkepanjangan, kemudian dibagian bawah wajah dan lengan terlihat bercak-bercak merah. Tidak hanya itu, penyakit ini dapat menyerang seluruh organ tubuh lainnya.

Penyakit ini dapat menyerang siapa saja dan para peneliti masih menindak lanjuti penyebab penyakit ini. Namun, menurut penilitian para ilmuwan bahwa hormon wanita (hormon estrogen) mungkin ada hubungannya dengan penyebab penyakit lupus karena, dan fakta membuktikan diketahui bahwa 9 dari 10 orang penderita penyakit lupus adalah wanita.

Adapun faktor penyebab yang memicu penyakit lupus adalah lingkungan, stress, obat-obatan tertentu, infeksi, dan paparan sinar matahari. Penyakit Lupus atau Lupus Eritomatosus Sistemik (LES) atau Lupus merupakan penyakit mematikan setelah kanker. Oleh karena itu, waspadai segera apabila timbul gejala-gejala berikut ini:

1. Terjadinya gangguan pencernaan, dan kulit akan mudah gosong apabila terkena sinar matahari.

2. Badan akan terasa lemah, demam, pegal-pegal. Gejala ini didapat pada masa aktif dan pada saat masa nonaktif akan menghilang.

3. Pada kulit, akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu. Kadang disebut (butterfly rash). Namun ruam merah menyerupai cakram bisa muncul di kulit seluruh tubuh, menonjol dan kadang-kadang bersisik. Melihat banyaknya gejala penyakit ini, maka wanita yang sudah terserang dua atau lebih gejala saja, harus dicurigai mengidap Lupus.

4.  Anemia yang diakibatkan oleh sel-sel darah merah yang dihancurkan oleh penyakit Lupus ini.

5. Rambut mengalami kerontokan.

Penyakit ini telah memakan korban 5 juta orang lebih. Oleh karena itu, berhati-hatilah jika mengalami gejala seperti tersebut.
Advertisement
Waspadai Gejala Penyakit Lupus bagi Kaum Wanita | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita