Cari di dalam Situs ini

Loading...

Tips Sederhana Mengurangi Risiko Diabetes (Kencing Manis)

Advertisement

Diabetes atau yang biasa disebut kencing manis adalah penyakit yang membuat seseorang memiliki tekanan gula darah yang terlampau tinggi. Penyakit ini mengganggu proses perpindahan gula dari darah ke sel-sel yang membutuhkan gula untuk energi. Gangguan gula darah yang terlampau tinggi ini menyebabkan kerusakan pada organ-organ utama dan menghambat peredaran darah.


Ada dua tipe penyakit diabetes, Tipe 1 biasanya dimulai sejak usia kanak-kanak, dan untuk pencegahannya dokter tahu. Saat ini sekitar 90% dari penderita diabetes mengidap diabetes tipe 2. Jika sebelumnya diabetes tipe 2 hanya menyerang orang dewasa, namun kini banyak ditemukan kasus diabetes tipe 2 menyerang anak-anak.

Penyebab utama diabetes tipe 2 ini disebabkan tingginya kadar lemak dalam tubuh. Para ahli meyakini bahwa lemak yang menumpuk pada perut dan pinggang merupakan tanda bahwa seseorang dapat terkena diabetes. Sebab, lemak di pancreas dan hati dapat mengganggu peredaran gula darah. Untuk mengurangi risiko terkena penyakit gula darah ini, kita dapat melakukan beberapa langkah berikut:

1. Periksakan kadar gula darah
Gangguan kesehatan pradiabetes atau kondisi dimana kadar gula darah sedikit lebih tinggi daripada keadaan normal, biasanya terjadi sebelum diabetes tipe 2. Pada kondisi ini orang bisa menurunkan kadar gula darah menjadi normal. Berdasarkan beberapa penelitian melaporkan, bahwa sekitar 316 juta orang di seluruh dunia mengalami pradibetes. Namun, mereka tidak menyadarinya.
Pradiabetes sama berbahayanya. Selain mengarah pada diabetes tingkat 2, kondisi ini bisa meningkatkan risiko demensia (semacam penyakit otak).

2. Pilihlah makanan yang sehat
Makanlah dengan porsi yang lebih kecil daripada biasanya. Konsumsi roti gandum, pasta gandum dan beras merah secukupnya. Kurangi minuman bersoda dan jus buah dengan tambahan gula, serta  hindari makanan siap saji. Pilihlah daging, ikan dan kacang-kacangan yang rendah lemak.

Dengan gaya hidup yang sehat, dapat menghindarkan kita dari penyakit. Baik penyakit diabetes dan penyakit lainnya kunci utama menjaga kesehatan diri adalah dengan gaya hidup yang sehat.
Advertisement
Tips Sederhana Mengurangi Risiko Diabetes (Kencing Manis) | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita