Cari di dalam Situs ini

Loading...

Tahukah Anda Daun Sukun Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Lho!

Advertisement

sukun

Sukun atau Artocarpus altilis umumnya adalah pohon tinggi, dapat mencapai 30 m, meski umumnya di pedesaan hanya belasan meter tingginya. Hasil perbanyakan dengan klon umumnya pendek dan bercabang rendah. Batang besar dan lurus, hingga 8 m, sering dengan akar papan (banir) yang rendah dan memanjang.

Bertajuk renggang, bercabang mendatar dan berdaun besar-besar yang tersusun berselang-seling; lembar daun 20-40 × 20-60 cm, berbagi menyirip dalam, liat agak keras seperti kulit, hijau tua mengkilap di sisi atas, serta kusam, kasar dan berbulu halus di bagian bawah. Kuncup tertutup oleh daun penumpu besar yang berbentuk kerucut. Semua bagian pohon mengeluarkan getah putih (lateks) apabila dilukai.

Sejauh ini daun sukun dibiarkan berguguran tanpa manfaat dan menjadi sampah, Daun Sukun sukun belakangan mulai banyak di manfaatkan untuk kesehatan tubuh manusia. Daun sukun diyakini mengandung Zat asam hidrosianat, asetilcolin, tanin, riboflavin, yang mana mampu mengatasi peradangan. Beberapa sumber juga menyebutkan daun sukun bermanfaat sebagai anti inflamasi. Adapun beberapa manfaat lainnya dari daun sukun adalah:

1. Menyehatkan ginjal
Caranya: Rebusan daun sukun yang diminum secara rutin mampu menyelamatkan ginjal yang sakit.

2. Mengobati penyakit jantung
Caranya: ambil satu lembar daun sukun tua yang masih menempel di pohon. Daun sukun tua mempunyai kadar zat kimia maksimal. Cuci bersih dan jemur sampai kering. Rebus dengan 5 gelas air. Setelah mendidih tambahkan air lagi sampai jumlahnya kurang lebih 5 gelas. Angkat dan dinginkan. Minum rebus air sukun ini secara rutin, dan rasakan bedanya setelah minum selama 1 bulan.

3. Sebagai penurun kolesterol
Selain menjaga kesehatan jantung dan ginjal, daun sukun juga mampu menurunkan kadar kolesterol.

4. Sebagai anti kanker
Selain melindungi jantung,. Dalam riset itu membuat semua tikus mengalami oedema atau peningkatan cairan di interstisial.

5. Mengobati Penyakit Liver
Caranya: Petik beberapa lembar daun sukun yang sudah tua, lalu cuci hingga bersih. Setelah itu Anda rebus dengan air secukupnya sampai berwarna merah tua. Bila sudah dingin, minumlah airnya. Lakukan setiap hari 2 kali, yaitu tiap pagi dan sore dengan dosis sekali minum 1 gelas.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Advertisement
Tahukah Anda Daun Sukun Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Lho! | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita