Cari di dalam Situs ini

Loading...

Si Cantik dan Indah dengan Khasiat Kesehatan

Advertisement


 Bunga Kamboja atau Plumeria Acuminata Ait ini merupakan bunga yang biasanya di jadikan tanaman Hias.

Selain tampak cantik dan indah bunga yang biasa tumbuh di area pemakaman ini ternyata bermanfaat juga untuk kesehatan. Ini beberapa manfaat bunga kamboja bagi kesehatan:

1. Menyehatkan pencernaan
Bunga kamboja yang diseduh bersama teh atau tanpa teh dipercaya bermanfaat memberikan efek adem, sejuk dan baik bagi pencernaan.

2. Terapi Kesehatan
Bunga kamboja segar yang dimasak sebagai pelengkap sayuran memberikan cita rasa sedap, memberikan efek terapi dan bermanfaat bagi kesehatan.

3.  Antibiotik
Dalam getah kemboja terkandung alkaloid, tanin, flavonoid dan tripterpenoid, tapi yang terdeteksi pada ekstrak getah hanya triterpenoid pentasiklik. Karena bersifat racun dan mematikan kuman, getah kamboja dengan dosis yang tepat dapat dimanfaatkan sebagai antibiotik.

4. Mengobati bisul
Caranya: daun kamboja yang masih muda dan segar dipanaskan diatas api sampai layu, kemudian olesi dengan sedikit minyak zaitun. Selanjutnya daun tersebut ditempelkan pada bisul selagi masih panas. Ulangi hingga bisul mengempes.

5. Mengatasi Bengkak
Cara mengobati bagian tubuh yang bengkak adalah dengan kulit pohon kamboja. Caranya, ambil 1 sirap kulit pohon kamboja kemudian ditumbuk hingga halus. Rebus dengan setengah cerek air hingga mendidih. Air tersebut digunakan untuk merendam bagian tubuh yang bengkak jika memungkinkan. Jika tidak, gunakan untuk mengompres.

6. Patek, Puru (Frambusia)
Caranya: ambil 2 Sirap kulit kamboja, kemudian ditumbuk halus dan direbus dengan 1 cerek air sampai mendidih. Air tersebut digunakan untuk mandi dan menggosok bagian tubuh yang luka.

7. Kencing Nanah (Gonorrhea)
Cuci bersih 1 potong akar pohon kamboja, kemduian direbus dengan dua gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Air ramuan tersebut diminum satu kali sehari sebanyak 1 cangkir.

8. Mengobati Sakit Gigi
Caranya: Ambil getah pohon kamboja menggunakan kapas, kemudian kapas tersebut dipakai untuk mencocok gigi yang berlubang.

9. Menghilangkan kutil
Caranya: ambil getah kamboja dengan kapas, lalu tempelkan pada kutil. Namun, perlu berhati-hati karena getah kamboja sifatnya tajam, jadi jangan sampai terkena bagian tubuh yang yang lain.

Demikian beberapa manfaat bunga kamboja untuk kesehatan. Saat ini bunga kamboja yang sudah dikeringkan atau bahkan sudah diekstrak banyak dijual di pasaran.
Advertisement
Si Cantik dan Indah dengan Khasiat Kesehatan | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita