Cari di dalam Situs ini

Loading...

Memanfaatkan Daun Mangga untuk Pengobatan, Baca Selengkapnya

Advertisement
mangga
Mangga atau Mangifera indica termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi 10-40 m.

Buah yang manis dan segar ini, mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh  begitu pula dengan daunnya. Daun mangga  mengandung senyawa organik tarakserol-3beta dan ekstraketil asetat  yang bersinergis dengan insulin mengaktivasi GLUT4, dan menstimulasi sintesis glikogen, sehingga dapat menurunkan gejala hiperglisemia. Selain itu, daun buah mangga juga memiliki beberpa manfaat pengobatan lainnya, yaitu:

1.  Diabetes angiopathy
Teh yang terbuat dari daun mangga juga baik dalam pengobatan retinopati diabetik serta hipertensi.
Caranya: minum1 gelas/cangkir teh daun mangga setiap hari dengan 2 sdm jambu biji, mangga atau jus pepaya akan ideal untuk memperkuat pembuluh darah rapuh dan varises.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Dua sampai tiga cangkir teh dapat ditambahkan ke air mandi dan digunakan sebagai mandi herbal untuk menyegarkan tubuh, mengembalikan semangat dan menyejukan tubuh.

3. Meredakan batuk
Terutama batuk rejan dan juga bermanfaat untuk asma, bronkitis, serta pilek. Oleh karena itu,  aroma daun mangga dapat dijadikan alat bantu yang baik dalam setiap kondisi pernapasan. Selain itu, daun mangga juga bisa dijadikan sebagai obat kumur herbal yang sangat baik untuk berbagai masalah gusi.

4. Mengobati asam urat
Caranya: seduh daun mangga muda dalam gelas sebagaimana menyeduh teh. Sebentar saja air putih panas itu berubah warna menjadi kecoklat-coklatan, kemudian tambahkan sedikit gula putih. Lalu minum seduhan daun mangga muda itu.

5. Meredakan Gejala Diabetes
Caranya, cukup dengan merendam daun mangga semalaman dalam secangkir air. Setelah itu, tiriskan daun keluar dan minum airnya. Hal ini membantu untuk meringankan gejala diabetes.

Demikian beberapa manfaat daun mangga bagi kesehatan. Karena, pada hakikatnya segala sesuatu yang Tuhan ciptakan di semesta ini adalah bermanfaat. Selamat mencoba.
Advertisement
Memanfaatkan Daun Mangga untuk Pengobatan, Baca Selengkapnya | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita