Cari di dalam Situs ini

Loading...

Khasiat Daun Sirih untuk Perawatan Tubuh

Advertisement
Berbagai macam tanaman dan daun dapat dimanfaatkan sebagai obat, salah satu diantaranya adalah daun sirih. Daun sirih merupakan bahan herbal yang sudah lama digunakan oleh orang Indonesia dalam pengobatan. 

Namun, daun sirih juga sudah lama dimanfaatkan untuk perawatan tubuh. Di bawah ini ada beberapa manfaat dan  cara penggunaan daun sirih bagi wanita yang dikutip dari berbagai sumber, diantaranya yaitu:

1. Obat luka bakar
Caranya: Cuci bersih beberapa lembar daun sirih yang masih segar. Kemudian, remas-remas, tambahkan sedikit madu organik dan tempelkan pada bagian kuIit yang mengalami luka bakar. Daun sirih dan madu akan bekerja untuk menenangkan rasa perih karena luka bakar sekaligus meminimalisir inflamasi.

2. Mencegah bau badan
Caranya: minum rebusan daun sirih secara rutin 2 atau 3 kali dalam satu minggu. Atau Anda juga bisa mengkonsumsi jamu tradisional yang mengandung sari daun sirih, seperti jamu kunyit campur sirih. Sebab, sifat anti-bakteri  yang terkandung dalam daun sirih akan membunuh kuman dan bakteri penyebab bau badan.

3. Obat gatal-gatal
Sifat anti-septik dan anti-inflamasi dari daun sirih akan meringankan rasa gatal dan mempercepat penyembuhan pembengkakan kulit akibat gatal.
Caranya: Ambil 10 hingga 12 lembar daun sirih, kemudian rebus. Begitu daun layu, segera matikan api, jangan terlalu lama merebusnya. Gunakan air rebusan tadi untuk campuran air mandi. Atau Anda bisa juga memanfaatkan rebusan air daun sirih untuk merendam tangan dan kaki Anda yang gatal.

4. Mengatasi jerawat
Sama halnya dengan mengatasi gatal-gatal, air rebusan sirih juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat:
Caranya: Bersihkan wajah Anda dari make up. Ambil handuk bersih, kemudian celupkan ke dalam air rebusan daun sirih, dan usapkan ke wajah. Atau cuci muka Anda dengan air rebusan daun sirih yang masih hangat.

Itulah manfaat daun sirih untuk perawatan tubuh. Selamat mencoba.
Advertisement
Khasiat Daun Sirih untuk Perawatan Tubuh | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita