Cari di dalam Situs ini

Loading...

Insomnia di Malam Hari? Kenali Penyebabnya

Advertisement

Tidur nyenyak berkualitas merupakan dambaan setiap orang, tetapi tidur nyenyak bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Bingung rasnya jika dimalam hari teak bisa  tidur lelap dan gelisah. Selain karena stress akan masalah, sulit tidur juga bisa disebabkan karena jenis asupan yang dikonsumsi sebelum tidur.


Dari beberapa sumber menyebutkan, menurut ahli gizi Shellly Redmond, RD ada beberapa jenis asupan yang bisa menyebabkan mata terjaga, apabila dikonsumsi sebelum tidur, diantaranya  yaitu:

Air, sebaiknya hindari minum air 60-90 menit sebelum tidur. Sebab, hal ini bisa membuat Anda bolak-balik ke toilet di malam harinya.

Kafein, untuk menghindari ngantuk, banyak orang mengandalkan kopi serta minuman berkafein lain, misalnya teh. Oleh karena itu, hindari menkonsumsi minuman yag mengandung kafein di malam hari, terutama sebelum tidur.

Makanan Fermentasi, Tyramine, asam amino dalam makanan yang difermentasi seperti keju, ikan asap, daging asap, termasuk mozzarella bisa memberi efek pada otak untuk memerintahkan tubuh tetap terjaga. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan fermentasi sebelum tidur.

Produk berbahan tomat, bisa membuat perut mulas hingga timbul ketidaknyamanan pada tubuh. Ditambah dengan makanan pedas, kemungkinan besar tidur pulas Anda akan terhambat karena makanan pedas dan asam bisa mengiritasi lambung hingga bisa berakibat Anda buang air besar terus menerus. Sebaiknya, jika ingin mengonsumsi makanan asam dan pedas sebelum tidur beri jeda sekitar 3 jam sebelumnya.

Alkohol, penelitian menemukan minuman yang mengandung alkohol bisa membuat sering terjaga di malam hari. Minuman keras bisa berefek mengurangi fase tidur REM, sehingga tubuh tidak benar-benar tidur pulas. Akibatnya, seperti merasa tidur dan tidak tidur karena Anda tidak mengalami fase REM yang lama.

Selain menghindari beberapa asupan penyebab susah tidur yag disebutkan diatas, anda juga harus buat jadwal untuk tidur dan batasi waktu untuk tidur siang. Dan redupkan lampu saat anda beranjak ke tempat tidur, sehingga syaraf-syaraf  tubuh anda menjadi rileks dan dapat beristirahat.
Advertisement
Insomnia di Malam Hari? Kenali Penyebabnya | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita