Cari di dalam Situs ini

Loading...

Hindari Tidur dengan Meletakkan Ponsel Didekat Tubuh

Advertisement
Saat ini ponsel telah menjadi sahabat paling setia manusia, bisa dikatakan di zaman sekarang tak ada seorang pun yang tidak memiliki ponsel. Namun, ponsel memiliki pancaran radiasi tinggi yang kasat mata, hal ini menyebabkan seseorang tidak menyadari akan bahayanya. Menurut data WHO, radiasi ponsel bersifat karsinogenik yang dapat mempengaruhi susunan saraf manusia, yang akhirnya dapat menyebabkan kanker atau tumor. 

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini ada beberapa dampak negatif tidur di dekat ponsel, diantaranya:

1. Dapat menyebabkan tumor otak
Radiasi ponsel dapat mempengaruhi terbentuknya neoplasma dari regenerasi sel yang tidak wajar. Umumnya tumor otak menyerang orang dewasa pada usia produktif, namun tidak sedikit pula ditemukan kasus di mana tumor juga dapat menyerang anak-anak.

2. Dapat menyebabkan kanker
Hampir sama dengan tumor otak, radiasi ponsel juga dapat mempengaruhi proses pembelahan sel-sel di dalam tubuh menjadi tidak terkendali, sel-sel abnormal ini kemudian menyerang jaringan terdekat yang secara rutin bersentuhan langsung dengan ponsel.

3. Terbakar dan meledak
Kejadian tersebut terjadi karena sering kali pemilik ponsel mengisi ulang dayanya dan kemudian tertidur di sisinya, ketika daya sudah penuh dan lupa mencabutnya. Maka, ponsel akan menjadi panas dan bila sampai terjadi korsleting dapat membuatnya meledak hingga terbakar.

4. Menyebabkan sakit kepala
Radiasi ponsel bagi beberapa orang yang sensitif terhadap gelombang RF yang dipancarkan dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual-mual, bahkan hingga muntah.

5. Serangan jantung
Pada beberapa kasus pernah ditemukan seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung tiba-tiba meninggal dunia seketika karena terkejut atau kaget, saat mendengar ponselnya berdering di tengah malam.

6. Memperparah Alzheimer
Bagi mereka yang terbiasa tidur di dekat perangkat ini, radiasinya dapat mempercepat proses seseorang mengalami Alzheimer.

7. Menyebabkan kelelahan
Ponsel yang berada dekat dengan pemiliknya dapat membuat kualitas tidur menjadi tidak nyenyak.

8. Menghambat metabolisme tubuh
Bila seseorang terpapar radiasi ponsel dan tidurnya tidak nyenyak, maka proses metabolisme tubuh akan terhambat. Sebab, ketika seseorang tertidur sesungguhnya di saat inilah metabolisme tubuh sedang bekerja dengan aktif. Sehingga, proses pencernaan makanan atau pun proses detoksifikasi racun di dalam tubuh juga ikut terganggu.

Oleh karena itu, guna meminimalisir bahaya laten ponsel, hindari menaruh ponsel didekat tubuh saat Anda tidur.
Advertisement
Hindari Tidur dengan Meletakkan Ponsel Didekat Tubuh | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita