Cari di dalam Situs ini

Loading...

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kebutuhan Energi Setiap Orang

Advertisement
Makanan seimbang adalah makanan yang terdiri atas karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, serat, dan air yang dikonsumsi dalam jumlah dan porsi dengan perbandingan tertentu sesuai dengan usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas setiap individu. 

Pada umumnya perbandingan jumlah makanan seimbang yang dibutuhkan tubuh sebesar 60% karbohidrat, 20% protein, dan 20% lemak. Selain itu vitamin, mineral, serat, dan air juga harus dipenuhi dalam jumlah cukup. Makanan tersebut digunakan untuk sumber energi (karbohidrat dan lemak), pertumbuhan (protein), dan untuk menjaga kesehatan (mineral, vitamin, serat, dan air). 

Pemain sepakbola memiliki kebutuhan energi yang tinggi
 Apabila kita mengonsumsi makanan seimbang maka kebutuhan energi harian dalam tubuh akan terpenuhi. Perlu Anda tahu, kebutuhan energi harian setiap orang berbeda-beda. 

Faktor apa saja yang memengaruhi perbedaan kebutuhan energi harian untuk setiap individu?

1. Usia
Anak-anak dan remaja pada masa pertumbuhan memerlukan energi lebih banyak dibandingkan
orang tua. Hal ini karena pada masa pertumbuhan laju metabolismenya lebih tinggi. Adapun laju
metabolisme pada orang tua cenderung menurun seiring dengan pertambahan usia.
2. Jenis kelamin
Pria dewasa lebih banyak memerlukan energi dibandingkan wanita dewasa yang mempunyai usia dan berat tubuh yang sama. Hal ini karena laju metabolisme pria lebih tinggi dibandingkan laju metabolisme wanita.
 
3. Berat badan
Seseorang dengan berat badan rendah memerlukan energi lebih banyak dibandingkan dengan seseorang yang berbadan gemuk. Hal ini karena orang yang gemuk masih memiliki makanan cadangan di dalam tubuhnya.
 
4. Aktivitas
Seseorang dengan aktivitas tinggi dan pekerja keras membutuhkan energi lebih banyak daripada seseorang dengan aktivitas biasa. Seseorang yang beraktivitas biasa membutuhkan energi lebih tinggi dibandingkan seseorang yang hanya duduk-duduk santai.
 
5. Iklim
Seseorang yang hidup di iklim dingin lebih banyak membutuhkan energi dibandingkan dengan seseorang yang hidup di iklim panas.
 
6. Wanita hamil dan menyusui
Wanita hamil memerlukan energi lebih banyak untuk mendukung pertumbuhan janin. Demikian juga dengan ibu menyusui juga membutuhkan energi lebih banyak untuk menghasilkan air susu untuk bayinya.
 
Berikut ini daftar kebutuhan energi harian untuk seseorang dengan usia dan aktivitas berbeda.
l

Advertisement
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kebutuhan Energi Setiap Orang | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita