Cari di dalam Situs ini

Loading...

Bunga Sepatu dan Segudang Manfaatnya bagi Kesehatan

Advertisement

Kembang sepatu (hibiscus rosa-sinensis - china rose) adalah tanaman semak suku malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga besar, berwarna merah dan tidak berbau. bunga dari berbagai jenis kultivar dan hibrida bisa berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang berwarna putih hingga kuning, oranye hingga merah jambu atau merah tua.

Bunga kembang sepatu selain bunga yang indah, juga ternyata kaya manfaat.

Daun
Bagian daun bunga sepatu mengandung provit yang bermanfaat untuk menyembuhkan demam, sariawan, panas dalam, dan berbagai penyakit yang datangnya dari perut atau lambung kita.

Caranya: ambil beberapa lembar daun kembang sepatu, lalu diremas-remas dalam air hingga airnya agak berminyak dan berwarna hijau yang lengket. Atau bisa juga direbus terlebih dahulu selama 5 menit kemudian baru diremas-remas hingga daunnya robek dan lengket. Setelah itu baru dipisahkan bekas daun dan airnya dengan cara disaring. Minum air rebusan tersebut tiga klai sehari.

Akar Bunga Sepatu

1. Sakit panas
Caranya: tumbuk akar kembang sepatu secukupnya hingga halus, rebus dengan tiga gelas air mendidih sekira 30 menit, lalu saring. Air rebusan diminum tiga kali sehari sebanyak satu gelas.

2. Demam pada anak-anak
Caranya: lumatkan daun kembang sepatu segar secukupnya dengan sedikit air. Lumurkan di seluruh badan 2-3 kali sehari.

3.  Gondok
Caranya: siapkan akar kembang sepatu secukupnya dan air secukupnya. Akar diserbukkan dan direbus dalam air mendidih selama 1/2 jam. Kompreskan pada bagian yang sakit 2-3 kali sehari. Ramuan untuk sakit kepala, serbuk daun kembang sepatu direbus selama 1/2 jam dan dikompreskan pada dahi.

Kuntum Bunga Sepatu
Spesies hibiscus atau bunga sepatu yang lain, yaitu hibiscus sabdariffa atau roselle cukup dikenal di Mexico. Yang dibuat minuman yang bernama Jamaica, atau hibiscus tea. Di Indonesia juga sudah banyak di jual dengan sebutan teh rosella. Konon katanya kuntum dari spesies lain bunga sepatu ini bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti:

1. Bronchitis
Caranya: cuci dua kuntum bunga kembang sepatu, lalu tumbuk sampai halus. Beri 3/4       gelar air masak dan sedikit garam. Aduk ramuan tersebut hingga merata, lalu peras dan saring. Minum dua kali sehari. Atau bisa juga dengan ramuan, rebus 2-3 kuntum bunga kembang sepatu dengan 2 gelar air sekira 15 menit, kemudian saring. Air rebusan yang telah disaring diminum dua kali sehari.

2. Kencing nanah
Caranya: cuci enam kuntum bunga kembang sepatu, rebus dengan tiga gelas air hingga airnya tersisa 3/4 gelas. Setelah itu, saring dan didiamkan (diembunkan) selama satu malam. Minum dengan madu tiga kali sehari sebanyak 1/2 gelas.

3. Haid tidak teratur
Caranya: cuci tiga kuntum bunga kembang sepatu, lalu giling hingga halus. Tambahkan satu gelas air masak dan sedikit cuka. Selanjutnya peras dan saring. Minum 2-3 kali sehari sebanyak 1/2 gelas.

Demikian manfaat dan cara pengolahan bunga kembang sepatu agar bisa dijadikan obat. Selamat mencoba.

Advertisement
Bunga Sepatu dan Segudang Manfaatnya bagi Kesehatan | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita