Cari di dalam Situs ini

Loading...

Beberapa Tips Mengurangi Kaki Pegal

Advertisement
Berdiri terlalu lama membuat tekanan tertumpu pada otot-otot di belakang kaki, apalagi ketika menggunakan sepatu hak tinggi. Akibatnya, rasa pegal di bagian kaki sering terasa.

Hal tersebut disebabkan sirkulasi darah yang tidak lancar di bagian arteri kaki. Atau karena otot kaki tegang dan otot betis meregang secara berlebihan. Padahal, Anda masih harus terus bergerak dan beraktivitas. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meredakan kaki yang sakit atau pegal-pegal:

1. Gunakan body lotion, body oil, atau salep untuk memijit betis untuk membantu melancarkan kembali peredaran darah.

2.  Relaksasikan kaki dengan merendam kaki dalam air hangat yang diberi garam selama 15-20 menit .

3. Melakukan peregangan dengan melakukan gerakan seperti menggali dengan jari selama 15-20 detik, apabila kaki terasa kram.

4. Minum campuran madu dan jus lemon dengan air hangat, atau jika Anda mau, coba campuran satu sendok makan minyak ikan dengan segelas jus jeruk sebelum tidur.

5. Posisikan kaki di tempat yang lebih tinggi, untuk menghindari penumpukan darah pada bagian kaki.

6.  Istirahat yang cukup agar kaki tidak kelelahan.

7.  Hindari menggunakan sepatu hak tinggi saat Anda merasa pegal.

8.  Gunakan sepatu dengan hak yang rendah.

9. Sebelum beraktivitas lakukan peregangan terlebih dahulu.

10. Duduklah di kursi dengan kaki kanan di atas paha kaki kiri. Masukan jari-jari tangan kiri kanan ke semua celah jari kaki kanan. Fokuskan untuk menyebarkan semua jari-jari kaki sejauh mungkin. Jangan menarik jari-jari kaki ke atas maupun ke bawah. Tahan sebentar.

11. Tukarlah sepatu yang biasa Anda gunakan. Setiap jenis sepatu memberikan penyokong kaki yang berbeda-beda, lengkungan dan bentuk sepatu yang tepat bisa mengurangi rasa sakit pada kaki jika digunakan dalam waktu yang lama.

12. Masukkan beberapa butir kelereng didalam baskom yang berisi air hangat tersebut, lalu putar mutarlah kelereng dengan telapak kaki anda, ini akan memberikan efek memijat, sehingga kaki menjadi lebih rilex.

13. Pijat telapak kaki untuk menghilangkan rasa lelah. Sebaiknya pemijatan difokuskan pada bagian yang paling sakit agar manfaat dari pijat itu sendiri benar-benar maksimal.

14. Gunakanlah kaus kaki yang lembut selama Anda tidur dan saat bangun nanti rasa lelah tersebut akan hilang dan kaki menjadi lebih lembut.

15. Menggunakan nasi yang diremas-remas, diberi garam sedikit, dan diberi air sedikit. Oles-oleskan bahan-bahan tadi ke bagian kaki yang pegal-pegal. Pakailah menjelang tidur.
Advertisement
Beberapa Tips Mengurangi Kaki Pegal | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita