Cari di dalam Situs ini

Loading...

Sakit Perut Ternyata Ada Banyak Penyebabnya

Advertisement

Sakit atau nyeri perut hampir dialami oleh semua orang. Sebagian besar tidak memiliki penyebab yang serius. Namun, ada beberapa sakit perut yang menjadi gejala dari penyakit lain yang lebih serius dan berbahaya. 

Oleh karenanya, kita harus bisa mengenali gejala yang muncul pada sakit perut untuk mengetahui penyebabnya dan bisa diobati dengan cepat. Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit perut yang umum terjadi:

1. Sakit Perut yang Disertai Diare
Sakit perut yang sering muncul disertai dengan diare, kemungkinan disebabkan oleh gastroenteritis. Gastroenteritis adalah peradangan pada perut dan juga usus yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.  Namun, jika kondisi ini terjadi selama beberapa hari, mungkin ini disebabkan oleh penyakit lain yang perlu diwaspadai. Segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi Anda.

2.  Kram Perut Karena Masuk Angin
Angin adalah hasil dari proses biologis pencernaan makanan dan minuman. Beberapa makanan yang menyebabkan masuk angin adalah bawang bombai, brokoli, kol dan minuman bersoda. Makanan berserat tinggi juga bisa meningkatkan jumlah angin yang diproduksi.

3. Sakit Perut Secara Mendadak dan Parah
Hampir semua sakit atau kram perut akan sembuh dengan sendirinya. Namun, jika rasa sakit bagian perut yang dialami sangat menyiksa, segera temui dokter atau ke rumah sakit secepatnya, agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Sakit perut karena penyakit serius, seperti radang usus buntu, batu ginjal, Tukak peptic (luka pada dinding perut atau usus halus), Divertikulitis (peradangan pada divertikulum atau kantong-kantong kecil pada dinding usus besar), batu empedu,

5.  Sakit Perut Kambuhan atau Kronis
Sakit perut yang terjadi secara kambuhan atau pun kronis (dalam jangka waktu lama) perlu diperiksakan ke dokter agar penyebab dasarnya bisa diketahui. Beberapa penyebab sakit perut kambuhan atau kronis pada orang dewasa meliputi menstruasi, konstipasi, infeksi saluran kemih, dan magg.

Sedangkan penyebab yang jarang terjadi adalah: Penyakit Crohn (penyakit jangka panjang yang menyebabkan peradangan pada dinding sistem pencernaan), dan Sindrom iritasi usus (Kondisi umum yang terjadi saat otot dalam dinding usus menjadi kejang sehingga mengencang, rasa sakit akan hilang dengan membuang angin atau membuang air besar).
Advertisement
Sakit Perut Ternyata Ada Banyak Penyebabnya | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita