Cari di dalam Situs ini

Loading...

Ini Dia, Sumber Makanan Sehat Bagi Para Ibu Hamil

Advertisement


Periode kehamilan merupakan masa penting. Saat dimana calon ibu bisa memberikan gizi terbaik bagi janinnya. Maka dari itu, ibu hamil dituntut untuk mengkonsumsi makanan sehat sejak awal kehamilan sampai setelah melahirkan. Namun, tidak semua makanan baik untuk ibu hamil. Ada juga makanan yang sebaiknya dihindari selama masa kehamilan.


Di bawah ini terdapat beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

1. Daging tanpa Lemak
Daging adalah sumber protein berkualitas tinggi, carilah daging tanpa lemak atau lemak yang telah dipisahkan. Namun, hindari makanan sejenis hot dog, dikarenakan berisiko menjadi perantara bakteri dan parasit daging seperti toxoplasma Listeria monocytogenes, atau salmonella yang berbahaya bagi janin.

2. Telur
Telur mengandung lebih dari 12 vitamin dan mineral, dan protein yang berkualitas, yang penting untuk kehamilan.  Bahkan, beberapa jenis telur mengandung lemak omega-3, yang penting bagi otak dan pengembangan penglihatan. Selain itu, Telur juga kaya akan kolin, yang secara keseluruhan mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, dan mencegah cacat tabung saraf.

3. Ikan salmon
Salmon dipenuhi dengan protein kualitas tinggi, yang juga merupakan sumber omega-3 lemak. Namun, untuk menghindari bahaya merkuri sebaiknya, jangan makan salmon terlalu banyak, setidaknya dengan batas 12 ons per minggu.

4. Ubi jalar
Warna oranye yang ada pada ubi jalar mengandung karotenoid, yaitu pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh. Zat ini dikonversi menjadi vitamin A hanya jika diperlukan, sehingga tidak perlu untuk membatasi konsumsi vitamin A yang kaya buah-buahan dan sayuran. Selain itu, ubi juga merupakan mengandung sumber viamin C, folat, dan serat.

5. Sayuran Daun Berwarna Hijau Tua.
Bayam, atau sayuran berdaun hijau lain yang sarat dengan vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat yang sangat penting dan dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin.

6. Buah-buahan dan sayuran Beraneka Warna
Makan berbagai berbagai warna sayur serta buah seperti warna hijau, merah, oranye, kuning, ungu, putih akan memastikan bahwa Anda dan bayi mendapatkan berbagai nutrisi. Setiap kelompok warna yang berbeda memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan.

6. Biji-bijian
Seluruh butir biji-bijian hampir semuanya penting untuk pemenuhan gizi ibu hamil, karena mengandung gandum tinggi serat dan nutrisi, termasuk vitamin E, selenium, dan fitonutrien – tanaman senyawa yang melindungi sel-sel.

Demikian beberapa sumber makanan yang baik untuk ibu hamil, agar dapat menjadi referensi makanan sehat bagi para ibu. Semoga bermanfaat.
Advertisement
Ini Dia, Sumber Makanan Sehat Bagi Para Ibu Hamil | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita