Cari di dalam Situs ini

Loading...

Empat Hal yang Perlu Diketahui tentang Bayi yang Baru Lahir

Advertisement
bayi lahir sehat

Ketika bayi baru lahir, banyak hal yang diperbincangkan yang kaitannya dengan kepercayaan masyarakat tentang bayi yang baru lahir. Seperti dikutip dari dari beberapa sumber, mengungkapkan empat hal tentang bayi yang sangat dipercaya masyarakat. Dibawah ini merupakan fakta dari beberapa penelitian yang justru membantah pandangan umum tersebut, yaitu:

1.  Bayi harus dimandikan setiap hari
Padahal, mandi menghilangkan kelembaban kulit bayi yang halus. Selain itu, berendam dalam air sabun dapat mengakibatkan infeksi saluran kemih pada bayi perempuan. Oleh karena itu, Anda bisa memandikan si kecil dua sampai tiga kali seminggu. Saat mandi juga sebaiknya jangan terlalu lama merendam bayi dengan air sabun.

2. Bayi BAB minimal satu kali sehari
Padahal, hal itu lumrah sebab gerakan usus bayi masih lemah hingga ia mungkin buang air besar setiap tiga sampai empat hari sekali hingga usianya tiga bulan. Dengan ini, para orang tua baru tak usah panik jika si bayi tidak BAB setiap hari. Namun, jika ditemukan tinja bayi pada popok keras, segera periksakan ke dokter. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir  kemungkinan terjadinya sembelit pada bayi Anda.

3. Kemampuan pertama anak adalah bakatnya
Padahal, menurut Andrew Adesman, MD, kepala unit perkembangan dan perilaku anak di Schneider Children’s Hospital, New York, tidak ada bukti untuk pernyataan ini.

4. Menyentuh ubun-ubun akan melukai otak bayi

Padahal, menurut Adesman, otak bayi sudah terlindungi dengan sangat baik.  Saat bayi berusia dua atau tiga bulan ubun-ubun yang kecil yang terletak di belakang kepala akan mengeras  dengan sendirinya. Sementara itu, saat bayi berusia satu tahun bagian depan ubun-ubun akan menutup atau mengeras dengan sendirinya.
Advertisement
Empat Hal yang Perlu Diketahui tentang Bayi yang Baru Lahir | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita