Cari di dalam Situs ini

Loading...

Ekowisata: Yuk berkunjung ke Taman Kupu-Kupu Gita Persada Lampung

Advertisement
Lampung~ Sukakah Anda dengan kupu-kupu yang jelita? Jika suka, Anda bisa mengunjungi objek wisata alam  Taman Kupu-Kupu Gita Persada yang ada di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Di lokasi ini terdapat areal penangkaran kupu-kupu di lahan seluas 4,8 ha. Lahan tersebut terdapat di Kaki Gunung Betung yang secara administratif menjadi bagian dari Desa Tanjung Manis, Kecamatan Kemiling.

 Keberadaan Taman suaka kupu-kupu ini  berawal dari  upaya pelestarian kupu-kupu di Gunung Betung yang dipelopori oleh Dr. Herawati Sorkardi. Ia adalah salah satu ahli kupu-kupu dari Universitas Lampung. Pada awalnya lokasi yang digunakan sebagai penangkaran kupu-kupu merupakan lahan kritis. Dengan semangat membara, sang ahli kupu-kupu tersebut merekayasa lahan sehingga mampu menghadirkan banyak kupu-kupu.

Taman Kupu-Kupu Gita Persada memiliki lebih kurang lima puluh jenis kupu-kupu. Antara lain Troides helena, perut merah, limau balak, limau halom, limau tutul, kupu hijau, sirsak biru, sirsak hijau, ekor pedang, cacapuri, johar kuning, kertas, buntar, daun cokelat, widuri, dan kepompong emas.
Berbeda dengan taman kupu-kupu di daerah lain yang hanya mengumpulkan kepompong lalu dilepas dalam sebuah tempat. Taman Kupu-Kupu Gita Persada merupakan hasil rekayasa habitat alami menjadi sebuah lingkungan yang benar-benar cocok untuk kehidupan kupu-kupu.

kandang dan museum kupu-kupu

Selain melihat perilaku  kupu-kupu, di Taman Kupu-Kupu Gita Persada terdapat kurungan (cage) yang dibuat untuk memudahkan pengunjung melakukan penelitian dan pemotretan. Taman ini juga dilengkapi dengan museum kupu-kupu yang memamerkan berbagai jenis kupu-kupu yang diawetkan sejak tahun 2002. Di dalam museum terdapat lukisan kupu-kupu dan aneka kerajinan tangan berbentuk kupu-kupu. Setelah lelah berjalan-jalan, pengunjung dapat beristirahat di sebuah cafe sambil menikmati kopi lampung.

Pada tahun 2014 harga tiket masuk sangat murah, sebesar Rp10.000,00 saja per orang. Dengan biaya tersebut, pengunjung juga dapat melihat penangkaran kupu-kupu, bersantai di rumah pohon yang tersebar di area taman, berfoto-foto mengelilingi taman, dan menikmati kesejukan alam.
Advertisement
Ekowisata: Yuk berkunjung ke Taman Kupu-Kupu Gita Persada Lampung | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita