Cari di dalam Situs ini

Loading...

Cara Penularan Toksoplasmosis

Advertisement

penularan toksoplasma

Selain dari ibu ke anak, toksoplasmosis tidak menular lewat kontak antarmanusia. Berikut adalah sumber utama penularan toksoplasmosis.

1. Sekitar 50% penularan infeksi Toxoplasma terjadi karena memakan daging yang kurang matang. Toxoplasma dapat bertahan hidup bila daging dipanaskan kurang dari 66 derajat celcius (Pada waktu Anda memasak sate, misalnya, pastikan bahwa daging bagian dalamnya juga sudah matang).

 

2. Kontak dengan kucing dan kotorannya. Kucing adalah satu-satunya hewan yang dapat menularkan Toxoplasma lewat kotoran. Ketika kucing memakan daging mentah mangsanya atau terkena kotoran kucing lainnya yang sudah terinfeksi, kuman Toxoplasma akan masuk melalui mulut atau lidahnya sewaktu membersihkan diri.

Setelah berkembang biak di dalam tubuh kucing tersebut. Toxoplasma gondii akan mengeluarkan benih (oosit) melalui kotoran. Dalam satu kali buang kotoran, kucing yang terinfeksi dapat mengeluarkan jutaan benih Toxoplasma yang hanya bisa dilihat melalui mikroskop. Benih tersebut akan menjadi dewasa setelah 24 jam dan terus bertahan hidup di tanah, pasir atau kotoran hingga 18 bulan. Ketika Anda mengelus-elus kucing atau berkebun di taman dan kemudian lupa menyeka muka dengan tangan Anda, kuman Toxoplasma dapat memasuki tubuh Anda melalui mulut, hidung dan mata Anda.

 

3. Sumber penularan lainnya adalah sayuran/buah yang dicuci kurang bersih, air dan susu segar yang terkontaminasi.

Advertisement
Cara Penularan Toksoplasmosis | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita