Cari di dalam Situs ini

Loading...

Mekanisme Pernapasan Pada Manusia

Advertisement
  1. Jenis Mekanisme Pernapasan
Mekanisme pada manusia ada dua macam, yaitu:
a. Pernapasan dada
pernapasan dada www.zonabiokita.blogspot.com
Gambar: Proses pernapasan dada

Pernapasan dada terjadi ketika otot antartulang rusuk berkontraksi, maka volume rongga dada bertambah dan tekanan udara di paru-paru lebih kecil dibandingkan tekanan udara di atmosfer. Hal ini mengakibatkan udara luar masuk ke dalam paru-paru (inspirasi). Dan ketika otot antartulang rusuk relaksasi, volume rongga dada berkurang dan tekanan udara di paru-paru lebih besar daripada tekanan udara di atmosfer. Hal ini mengakibatkan udara keluar dari paru-paru ke atmosfer (ekspirasi).
b. Pernapasan perut
pernapasan perut
Gambar: Proses pernapasan perut

Pernapasan perut terjadi akibat kontraksi otot diafragma. Saat kontraksi, kedudukan diafragma datar, volume rongga dada membesar, dan tekanan udara di paru-paru lebih kecil dari tekanan udara di luar, sehingga udara masuk ke dalam paru-paru (inspirasi). Dan pada saat diafragma relaksasi, diafragma melengkung ke atas dan kedudukannya mencembung seperti kubah, sehingga volume rongga dada mengecil dan tekanan udara membesar. Hal itu mengakibatkan udara keluar dari paru-paru (ekspirasi).
  1. Kapasitas Udara Pernapasan
kapasitas udara pernapasan
a. Udara pernapasan (tidal), yaitu udara yang masuk paru-paru dalam sekali inspirasi dan keluar saat ekspirasi dalam keadaan normal. Volumenya 500 ml.
b. Udara suplementer, yaitu udara yang masih dapat dikeluarkan setelah ekspirasi normal, dengan cara menghembuskan udara sekuat-kuatnya. Volumenya 1.500 ml.
c. Udara Komplementer, yaitu udara yang masih dapat dimasukkan sedalam-dalamnya setelah inspirasi normal. Volumenya 1.500 ml.
d. Udara residu, udara yang masih tetap tinggal di paru-paru saat menghembuskan napas sekuat-kuatnya. Volumenya 1000 ml.
e. Kapasitas vital, yaitu meliputi udara komplementer, udara suplementer dan udara tidal yang dapat dikeluarkan dalam satu ekspirasi setelah inspirasi maksimal. Volumenya 3500 ml.
f. Kapasitas total, yaitu daya tampung maksimal paru-paru, volumenya 4.500 ml.
Terdapat pula beberapa faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan manusia sebagai berikut.
1) Umur
2) Jenis kelamin
3) Suhu tubuh
4) Posisi tubuh
 
Sumber:
Brurn, G.D., Larry Mc Kane, and Gerry Karp. 1994. Biology: Exploring Life. New York: John Wiley & Sons.
Glenn, dan Susan T. 1987. New Understanding Biology for Advance Level. Fourth Edition. United Kingdom: Stanley Thorns (Publisher) Ltd.
Gutman, B.S. 1999. Biology. New York: Mc Graw Hill.





















Advertisement
Mekanisme Pernapasan Pada Manusia | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita