Cari di dalam Situs ini

Loading...

Mutasi Gen karena Radiasi

Advertisement

Pada pukul 01. 23 dini hari 26 April 1986, pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl, Ukraina meledak. Ledakan ini memuntahkan potongan inti reaktor yang tingginya mencapai 1500 meter dan menebarkan awan beracun ke 70 persen daratan Eropa. Menurut WHO, radioaktivitas total ledakan I, diperkirakan 200 kali radiasi bon" atom Hiroshima dan Nagasaki.

chernobyle tragedy

Sementara itu, kelompok pecinta lingkungan Greenpeace memperkirakan sekitar 160 ribu kilometer persegi tanah terkontaminasi bahan radioaktif. Dampak dari ledakan tersebut di antaranya lima juta orang di sekitar Chernobyl terkena radiasi. Di antara lima juta orang tersebut, sekitar 650 ribu merupakan petugas yang membersihkan muntahan ledakan Chernobyl. Dan sekitar 200 ribu dari 650 ribu buruh tersebut, merupakan kelompok inti yang bertugas membersihkan muntahan ledakan yang berada sekitar 30 kilometer dari pusat ledakan Chernobyl.

Sepuluh tahun kemudian tercatat 60 ribu petugas pembersih meninggal dunia dan 30 persen laki-laki dari petugas yang masih hidup menderita impotensi. Selain itu, jutaan anak-anak yang tetap hidup pasca ledakan merupakan kelompok berisiko tinggi terpajan radiasi.

Anak-anak korban tragedi Chernobyl

Peristiwa Chernobyl selengkapnya dapat Anda baca di sini: Tragedi Chernobyl

Advertisement
Mutasi Gen karena Radiasi | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita