Cari di dalam Situs ini

Loading...

Peran Elektrolit bagi Tubuh

Advertisement

Bagi Anda yang aktif bergerak atau memiliki aktivitas pekerjaan yang menuntut banyak kerja fisik, asupan karbohidrat dan protein dalam jumlah cukup sangat dibutuhkan. Kandungan elektrolit yang cukup dalam tubuh  dapat membantu fungsi organ tubuh bekerja optimal.

Elektrolit adalah zat larut yang terurai dalam bentuk ion di dalam tubuh. Orang yang kekurangan elektrolit, metabolisme tubuhnya akan terganggu sehingga mudah letih dan sakit. Zat elektrolit di antaranya yaitu natrium, kalsium, dan magnesium.

Natrium,zat ini merupakan elektrolit yang mengatur kadar air dalam dan sekitar sel (mielieu intercell) tubuh. Orang yang mengalami defisiensi natrium akan mudah mengantuk, lesu, bahkan dapat kehilangan kesadaran ketika berjalan. Kondisi ini disebut Hiponatremia.

Kalsium, konsentrasi kalsium darah dapat menurun sebagai akibat dari beberapa masalah yang memicu psikosomatik. Suatu kondisi yang menyatakan kadar kalsium yang rendah dalam darah disebut hipokalsemia. Orang yang mengalami hipokalsemia sering merasa kebingungan, mudah lupa, dan depresi.

Sementara itu magnesium (Mg) memiliki peran dalam aktivitas enzim, otot, saraf, dan pembentukan tulang. Selain pendengarannya terganggu, orang yang mengalami defisiensi Mg  akan memiliki irama jantung yang tidak beraturan. Selain itu, penderita defisiensi magnesium juga memiliki potensi hiponatremia dan hipokalsemia tinggi.

Untuk itu, kebutuhan elektrolit harus dapat tercukupi. Salah satu cara untuk membantu mencukupi kebutuhan elektrolit adalah dengan mengonsumsi air kelapa muda atau minuman mengandung elektrolit.

Advertisement
Peran Elektrolit bagi Tubuh | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita