Cari di dalam Situs ini

Loading...

Jaringan dalam Organisasi Kehidupan

Advertisement

Jaringan merupakan sekelompok sel yang mempunyai asal usul, bentuk, dan fungsi yang sama. Macam-macam jaringan penyusun tumbuhan dan hewan sangat banyak.

jaringan kumpulan sel

a. Jaringan Tumbuhan

image
Tumbuhan tersusun dari berbagai macam jaringan. Jaringan tersebut di antaranya jaringan epidermis, meristem, parenkim, kolenkim, sklerenkim, xilem, dan floem.

Jaringan epidermis terdiri atas selapis sel hidup yang berbentuk pipih. Jaringan epidermis tersusun secara rapat dan terletak di permukaan tubuh tumbuhan. Jaringan ini berfungsi sebagai pelindung jaringan yang ada di bawahnya dari kerusakan mekanis dan kekeringan.

Jaringan parenkim tersusun dari sel-sel hidup yang berdinding tipis. Jaringan ini tersebar di seluruh bagian tumbuhan. Pada daun terdapat 2 kelompok jaringan parenkim. Pertama, parenkim palisade (parenkim pagar/ jaringan tiang). Pada jaringan ini terdapat klorofil sehingga pada bagian ini berlangsung fotosintesis. Kedua, parenkim spons (parenkim bunga karang). Jaringan ini merupakan tempat penyimpanan hasil fotosintesis untuk sementara waktu.

Jaringan meristem, merupakan jaringan yang berdinding tipis dan selalu membelah. Jaringan ini berfungsi untuk pertumbuhan meristem. Jaringan meristem biasanya terdapat di ujung akar, ujung batang, lembaga, dan kambium.

Jaringan kolenkim, merupakan jaringan yang dinding selnya mengalami penebalan dari selulosa. Jaringan ini berfungsi sebagai penguat atau penyokong tumbuhan. Jaringan sklerenkimmerupakan jaringan yang dinding selnya mengalami penebalan dari lignin. Jaringan kolenkim dan sklerenkim merupakan jaringan penguat pada tumbuhan.

Jaringan pengangkut, merupakan jaringan yang terdiri atas dua macam, yaitu xilem dan floem. Jaringan ini dapat dilihat secara langsung saat kamu akan mencangkok tanaman. Saat mencangkok, bagian luar batang dihilangkan hingga yang tertinggal hanya kayu bagian dalam. Bagian yang dihilangkan ini disebut floem dan kayu bagian dalam tersebut merupakan xilem. Xilem mengangkut air dan garam-garam mineral dari akar ke daun. Sementara itu, floem mengangkut zat makanan (hasil fotosintesis) dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.

b. Jaringan Hewan
Jaringan pada hewan terdiri atasjaringan embrional, jaringan lemak, jaringan epitel, jaringan penunjang/penyokong, jaringan otot, dan jaringan saraf. Satu per satu jaringan tersebut akan dipaparkan dalam uraian berikut.

Jaringan embrional adalah jaringan yang sel-selnya selalu membelah. Jaringan ini terdapat pada fase embrio. Pada hewan dewasa, jaringan meristematik hanya terdapat pada bagian-bagian tertentu. Misal pada ujung tulang pipa yang masih muda dan pada sumsum tulang belakang yang membentuk sel-sel darah.

Jaringan lemak terdiri atas sel-sel lemak. Sel-sel lemak terdiri atas rongga-rongga yang berisi tetes minyak. Jaringan ini terutama terletak di bawah kulit, di sekitar organ dalam, dan di sekitar persendian. Jaringan lemak berguna untuk menyimpan lemak dan makanan cadangan.

Jaringan pada hewan

Contoh jaringan pada hewan

Jaringan epitel terdiri atas sel-sel yang melapisi permukaan tubuh atau rongga dalam tubuh hewan.
Jaringan epitel dapat ditemukan pada permukaan kulit dan rongga dalam usus, paru-paru, pembuluh darah, serta jantung. Jaringan epitel berfungsi melindungi jaringan yang berada di bawahnya. Jaringan penyokongadalah jaringan yang selalu berhubungan dengan jaringan lainnya. Jaringan penyokong meliputi jaringan ikat, jaringan tulang, jaringan darah, dan jaringan lemak. Jaringan ikat berfungsi mengikat organ-organ tubuh. Contoh tendon yang menghubungkan otot dengan tulang.

Jaringan tulang terdiri atas jaringan tulang keras dan jaringan tulang rawan. Jaringan tulang membentuk rangka tubuh yang menyokong dan melindungi bagian tubuh yang lunak. Jaringan darah terdiri atas sel-sel darah dan plasma darah. Sementara itu, jaringan lemak terdapat di antara alat-alat tubuh.

Jaringan darah

Jaringan otot merupakan alat gerak aktif. Jaringan ini tersusun dari sel-sel otot. Ada tiga macam sel otot, yaitu otot lurik, otot polos, dan otot jantung. Otot lurik terletak dan melekat pada rangka. Otot ini sering disebut juga otot rangka. Otot polos terdapat pada organ-organ dalam tubuh. Contoh saluran pencernaan, kandung kemih, dan pembuluh nadi. Otot jantung merupakan
penyusun organ jantung.

Jaringan saraf merupakan jaringan yang tersebar di seluruh tubuh. Jaringan ini berfungsi menerima dan menghantarkan rangsangan. Jaringan ini tersusun dari sel-sel saraf atau neuron.

Data jenis jaringan pada hewan dan tumbuhan yang mempunyai persamaan fungsi

tabel persamaan jaringan hewan dan tumbuhan

Advertisement
Jaringan dalam Organisasi Kehidupan | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita