Cari di dalam Situs ini

Loading...

InSite: Konsep Rumah “Hijau” Masa Depan

Advertisement

Untuk mendukung pertumbuhan populasi di era perubahan iklim dan berkurangnya sumber daya alam, maka akan semakin perlu untuk mendekati perumahan dengan mata pada kedua keterjangkauan dan keberlanjutan. Konsep menarik ini ditawarkan oleh mahasiswa di Middlebury College bagi mereka yang hidup di pinggiran kota , yaitu sebuah konsep perumahan dengan  dengan tipe atap yang tersusun atas  panel surya besar. Konsep perumahan masa depan ini dinamakan “The Insite”.

InSite-Solar-Home-1

Konsep rumah The InSite tidak terbatas hanya pada hanya berjalan pada tenaga surya, tetapi juga bahan bangunannya yang terbuat dari bahan-bahan lokal, termasuk lantai giling dari pohon maple ditebang dalam sepuluh mil dari kampus, dan fitur barnwood eksterior dari hasil reklamasi, dengan isolasi yang terbuat dari selulosa alami.

InSite-Solar-Home-2

Sebuah prototipe rumah akan dibangun di kampus Middlebury di Vermont. Rumah tersebut terdiri dari tiga bentuk yang berbeda: ruang publik, ruang pribadi dan 'inti cerobong asap', yang berisi semua sistem mekanis untuk rumah, seperti energi dan air.

InSite-Solar-Home-3

Daripada menempatkan panel surya di atap, tim desain menciptakan 'jalan surya' di sepanjang sisi selatan menghadap jalansehingga membuat para pejalan kaki antara kota dan kampus dapat menyaksikannya, ide ini bertujuan  mendorong walkability (kemauan berjalan kaki). Dengan adanya atap yang unik dan menarik ini, diharapkan akan semakin banyak orang berjalan kaki dan mengurangi polusi.

InSite-Solar-Home-4

Desain rumah ini terinspirasi oleh arsitektur vernakular Vermont serta rumah-rumah lain di jalan di mana ia akan berada. Ini akan dimasukkan ke dalam kompetisi Solar Decathlon tahun ini,  menantang perguruan tinggi dan universitas lain untuk merancang dan membangun rumah bertenaga surya.

Sumber: disadur dari http://webecoist.momtastic.com/

Advertisement
InSite: Konsep Rumah “Hijau” Masa Depan | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita