Cari di dalam Situs ini

Loading...

Perkembangan Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

Advertisement

Para ahli berupaya mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan kedekatan hubungan kekerabatan.
Klasifikasi ini disebut klasifikasi sistem filogeni. Pengelompokan sistem ini terus-menerus mengalami
perkembangan. Perhatikan perkembangan klasifikasi filogeni dari masa-ke masa berikut penyempurnaan sistem klasifikasinya berikut ini.

1. Sistem Dua Kingdom

Sistem dua kingdom pertama kali dikemukakan oleh Aristoteles (Yunani). Dalam sistem ini makhluk hidup dibagi menjadi kingdom Plantae dan Animalia.

3-3_aristoteles
a. Kingdom Plantae (kerajaan tumbuhan), meliputi berbagai makhluk hidup yang mempunyai ciri berdinding sel dan mempunyai klorofil. Anggota kingdom Plantae meliputi bakteri, jamur, ganggang, paku, dan tumbuhan berbiji.
b. Kingdom Animalia (kerajaan hewan), meliputi berbagai makhluk hidup yang memiliki ciri tidak berdinding sel dan tidak mempunyai klorofil. Anggota kingdom ini meliputi Protozoa, Porifera, Coelenterata, Mollusca, Arthropoda, Echinodermata, dan Chordata.

2. Sistem Tiga Kingdom

Klasifikasi tiga kingdom membagi makhluk hidup menjadi Kingdom Monera, Plantae, dan Animalia.
a. Kingdom Monera adalah kelompok makhluk hidup yang memiliki ciri tersusun dari satu atau banyak sel dan belum memiliki membran inti.Anggota kingdom ini meliputi bakteri dan ganggang hijau-biru.
b. Kingdom Plantae adalah kelompok tumbuhan yang meliputi jamur, lumut, paku, dan tumbuhan biji.
c. Kingdom Animalia adalah kelompok hewan yang terdiri atas Protozoa, Porifera, Coelenterata, Mollusca, Arthropoda, Echinodermata, dan Chordata.

Namun demikian, ada juga ilmuwan yang mengembangkan klasifikasi tiga kingdom yang berbeda. Haeckel pada tahun 1866 mengelompokkan makhluk hidup menjadi tiga kingdom yaitu Protista, Plantae, dan Animalia. Kingdom Protista adalah kelompok makhluk hidup yang tersusun dari satu atau banyak sel, memiliki membran inti, dan memiliki organel. Anggota kingdom ini meliputi Protozoa, ganggang, dan jamur. Anggota kingdom Plantae hanya terdiri atas lumut dan tumbuhan berpembuluh.

3. Sistem Empat Kingdom
Sistem empat kingdom terdiri atas kingdom Monera, Fungi, Plantae, dan Animalia. Kingdom Monera terdiri atas bakteri dan ganggang hijau-biru. Kingdom Fungi dipisahkan dari Plantae karena tidak mempunyai klorofil walaupun sama-sama mempunyai dinding sel. Adapun kingdom Animalia meliputi berbagai jenis hewan seperti dalam sistem tiga kingdom.

Advertisement
Perkembangan Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita