Cari di dalam Situs ini

Loading...

Teknik Penyajian Data

Advertisement

Data yang diperoleh dapat disajikan dengan berbagai bentuk, seperti tabel atau grafik. Penyusunan data yang benar akan memudahkan orang lain untuk membaca, menganalisis, dan menarik kesimpulan.

Data yang diperoleh itu kemudian dapat dijadikan bahan analisis. Meskipun analisis data sebaiknya dilakukan melalui metode statistik yang rumit, Anda cukup membandingkan rata-rata dan persentase. Setelah itu, Anda dapat menganalisis apakah hipotesis yang dibuat sesuai dengan hasil percobaan atau tidak.

1. Tabel, dibedakan menjadi beberapa macam, seperti dijelaskan berikut ini. a. Tabel satu arah (one way table) b.Tabulasi silang (lebih dari satu arah ’two-way table) merupakan metode tabulasi untuk merangkum data dengan dua atau lebih variabel secara bersamaan atau sekaligus. c. Tabel distribusi frekuensi merupakan tabel ringkasan data yang menunjukkan frekuensi atau banyaknya item atau objek pada setiap kelas yang ada.

2. Grafik, dibedakan menjadi beberapa macam, seperti dijelaskan berikut ini. a. Grafik batang (bar graph) untuk perbandingan atau pertumbuhan bermanfaat untuk merepresentasikan data kuantitatif maupun kualitatif yang telah dirangkum dalam frekuensi, frekuensi relatif, atau persen distribusi frekuensi. b. Grafik lingkaran (pie chart), untuk melihat perbandingan (dalam persentase/proporsi) digunakan untuk mempresentasikan distribusi frekuensi relatif dari data kualitatif maupun data kuantitatif yang telah dikelompokkan. c. Grafik garis (line chat), untuk melihat pertumbuhan. d. Grafik peta, untuk melihat atau menunjukkan lokasi.

Contoh grafik dan tabel sebagai berikut.

a. Tabel

table curah hujan


b. Grafik batang


grafik batang


c. Grafik kue / roti


grafik kue

d. Grafik garis


grafik garis

Pen-paper-and-mind

Advertisement
Teknik Penyajian Data | Muhammad Luthfi Hidayat | 5

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita